Rabu, 04 Desember 2013
0 komentar

Argumen dari Command-line Java



1. Argumen Command-line 
Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi user untuk mengatur operasi dari sebuah aplikasi dalam sekali pemanggilan program. User memasukkan argumen command line pada saat memanggil aplikasi dan menspesifikasikan argumen tersebut setelah nama dari class yang akan dijalankan. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki sebuah aplikasi Java dengan nama Sort, yang akan mengurutkan lima nomor, Anda dapat menjalankannya seperti berikut ini:
Perlu diperhatikan bahwa sebuah argumen dapat dipisahkan oleh ruang spasi. Pada bahasa pemrograman Java, jika kita akan memanggil sebuah aplikasi, sistem runtime akan memberikan argumen command-line ke method main yang dimiliki oleh aplikasi menggunakan sebuah array dari String. Lalu, setiap String di dalam array mewakili sebuah argumen commmand-line. Perhatikan deklarasi dari main method,
public static void main( String[] args )
Argumen yang diberikan kepada program Anda akan disimpan kedalam sebuah array
String dengan identifier args.
Pada contoh sebelumnya, argumen dari command-line yang akan diberikan kepada aplikasi sort command adalah sebuah array dengan lima buah String yaitu “5”,”4”,”3”,”2”, dan “1”. Anda dapat mengetahaui berapa banyak argumen dari command-line dengan cara melihat panjang dari attribute array. Sebagai contoh,
int numberOfArgs = args.length;
Jika program Anda membutuhkan argumen command-line yang bertipe angka. Anda harus mengkonversi argumen String tersebut untuk merepresantasikan sebuah angka, misalnya “34” menjadi sebuah angka 34. Kode dibawah ini adalah sebuah potongan program untuk mengkonversi sebuah argumen command-line menjadi tipe integer.
int firstArg = 0;

if (args.length > 0){

firstArg = Integer.parseInt(args[0]);

}

parseInt akan melempar eksepsi NumberFormatException (ERROR) jika format args[0]
tidak valid (bukan sebuah angka).

Petunjuk penulisan program:
Sebelum menggunakan argumen command line, harusdiperiksaterlebih dahulu berapa jumlah
argumen yang diperlukan sebelum mengakses sebuah array, sehingga tidak ada eksepsi
yang terjadi.

2. Argument Command-line di NetBeans
Untuk mengilustrasikan sebuah argumen yang diberikan dengan menggunakan NetBeans, marilah kita membuat sebuah program Java yang akan mencetak jumlah argumen dan argumen pertama diberikan pada program tersebut.
public class CommandLineExample

{

public static void main( String[] args ){

System.out.println("Number of arguments=" +

args.length);

System.out.println("First Argument="+ args[0]);

}

}
Sekarang, jalankan NetBeans, buat sebuah project yang baru, dan beri nama project ini
CommanLineExample. Salin kode yang telah dituliskan diatas, kemudian dilakukan proses compile. Selanjutnya, ikutilah langkah-langkah berikut untuk memberikan argumen kepada program Anda dengan menggunakan NetBeans.
Klik di Projects (dilingkari dibawah)
Klik kanan icon CommanLineExample dan akan keluar sebuah pop-up menu. Lalu klik pada
properties.
Dialog mengenai project properties akan tampil
Kemudian, klik Run -> Running Project
Pada kolom bernama Arguments, tuliskan argumen yang Anda ingin masukkan kedalam program. Dalam kasus ini kita akan mengetikkan 5 4 3 2 1. Kemudian, klik pada tombol OK.

Kemudian, cobalah untuk menjalankan (RUN) progam Anda
Seperti yang dapat Anda lihat, keluaran dari program Anda adalah jumlah dari argumen yaitu 5, dimana argumen pertama juga memiliki nilai 5.
Sumber : Modul Java J.E.N.I - www.jeni.or.id
 
Toggle Footer
Top