Rabu, 15 Februari 2012
2 komentar

Install xampp



Kali ini kita akan mambahas tentang bagaimana cara mengistall xampp dan konfigurasinya, sebenarnya ini adalah artikel dasar yang harus dipahami sebelum kita membuat aplikasi-aplikasi web based,karena xampp sebagai web servernya. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penginstallan xampp adalah sebagai berikut :
Langkah pertama adalah dowload master xampp disini.
Setelah itu kita bisa memulai penginstallan,setup master yang sudah di download.


Kemudian klik next untuk melanjutkan penginstallan.


Disini dapat dilihat dimana direktori yang akan kita gunakan untuk menginstall xampp,untuk defaultnya biasanya di c:\xampp,tapi kita juga bisa meletakkan di direktori lain. Kemudian klik next untuk melanjutkan.


Pada service section ada pilihan Install Apache as Service, Install MySQL as Service, Filezila as Service disini fungsinya jika dipilih maka service dari apache,mysql atau filezila akan berjalan autorun saat komputer dinyalakan,jadi kita tidak perlu menjalankan secara manual, tapi jika tidak dipilih maka utnuk menjalankan servicenya kita harus menjalankan secara manual di xampp control panel. Kemudian pilih install untuk memulai proses penginstallan.


Tunggu sampai proses penginstallan selesai.


Kemudian klik finish, maka akan mucul pesan sebagai berikut ini.


Pilih yes untuk kita melihat control panel xampp.


Jika kita memilih Install Apache as Service, Install MySQL as Service, Filezila as Service maka service akan secara otomatis akan berjalan.  Setelah dipastikan service dari Apache dan Mysql berjalan kita coba membuka browser kita untuk melihat halaman adminnya dengan cara memasukkan url http://localhost/phpmyadmin.



Setalah itu kita bisa lihat untuk folder hasil penginstallan,sesuai dengan direktori yang kita letakkan saat penginstallan tadi.


Disini ada 2 folder penting yang harus diketahui yaitu yang pertama folder htdocs seperti yang terlihat pada gambar diatas,folder ini berfungsi sebagai penyimpan file-file web based yang kita buat, misal file *.php,*wml, dan lain-lain.


Kemudian yang kedua yaitu folder data yang berada di dalam folder mysql,misal D:\ONLINE\xampp\mysql\data. Adapun fungsi dari folder ini adalah sebagai penyimpanan file-file dari databse yang kita buat nantinya,semua file database akan masuk ke dalam folder data ini.
Install xampp telah selesai dan siap untuk digunakan,semoga bisa bermanfaat.





 
Toggle Footer
Top